-->

Contoh Soal dan Jawaban Energi Kinetik dan Potensial

- 23:12
Pada kesempatan kali ini kami share Contoh Soal dan Jawaban Energi Kinetik dan Potensial.


Soal Essay

  1. Sebuah benda digantung bebas dengan tali yang panjangnya 75 cm, massa benda 100 gram, dan percepatan gravitasi bumi g = 10 m/s2. Kemudian, benda tersebut diayun sehingga tali dapat membentuk simpangan maksimum 37° terhadap sumbu vertikal. Berapakah:
a. energi potensialnya di titik tertinggi,

b. energi kinetiknya di titik terendah, dan

c. kecepatan maksimum benda.

  1. Sebuah benda ditembakkan miring ke atas dengan sudut elevasi 53° dan dengan energi kinetik 1.000 J. Jika g = 10 m/s2, tentukanlah:

a.  energi kinetik benda pada saat mencapai titik tertinggi, dan

b.  energi potensial benda saat mencapai titik tertinggi.

  1. Sebuah peluru dengan massa 100 gram ditembakkan vertikal ke atas dari permukaan tanah dengan kecepatan 80 m/s. Jika g = 10 m/s2, berapakah:

a.  tinggi maksimum yang dicapai peluru;

b.  energi peluru di titik tertinggi;

c.  energi kinetik peluru pada ketinggian 40 m dari tanah;

  1. Sebuah benda jatuh dari ketinggian 6 meter dari atas tanah. Berapakah kecepatan benda tersebut pada saat mencapai ketinggian 1 meter dari tanah, jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2?
  1. Sebuah bola yang massanya 2 kg jatuh bebas dari ketinggian 30 meter. Jika g = 10 m/s2, pada saat bola tersebut mencapai ketinggian 10 meter dari permukaan tanah, tentukanlah:
a.  kecepatannya,

b.  energi kinetiknya, dan

c.  energi potensialnya.

  1. Sebuah benda berada dalam keadaan diam pada ketinggian 80 cm dari permukaan tanah. Massa benda 5 kg dan percepatan gravitasi bumi g = 10 m/s2. Tentukan energi mekanik benda tersebut.
  1. Sebuah benda bermassa 2 kg berada dalam keadaan diam pada sebuah bidang datar yang licin. Kemudian, pada benda tersebut bekerja sebuah gaya F = 20 N sehingga kecepatannya menjadi 10 m/s.
  1. Sebuah peluru yang massanya 10 gram, bergerak dengan kecepatan 80 m/s. Tentukanlah energi kinetik peluru pada saat itu.
  1. Sebuah benda berada pada ketinggian 40 m dari tanah. Kemudian, benda itu jatuh bebas. Berapakah usaha yang dilakukan oleh gaya berat hingga benda sampai ke tanah? Diketahui massa benda adalah 1,5 kg dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2.
  1. Mula-mula, sebuah benda dengan massa 2 kg berada di permukaan tanah. Kemudian, benda itu dipindahkan ke atas meja yang memiliki ketinggian 1,25 m dari tanah. Berapakah perubahan energi potensial benda tersebut? (g = 10 m/s2).


Soal Pilihan Ganda

  1. Sebuah sedan dengan massa 0,8 ton bergeraksejauh 10 m dalam waktu 2 s. Energi kinetik mobil tersebut adalah …
a. 5                  d. 2

b. 4                  e. 1

c. 3

  1. Sebuah apel jatuh dari pohon setinggi 3 m. Jika massa buah apel tersebut adalah 1,5 hg, berapakah energi potensial maksi mumnya?
a.  4,5 kJ                           d. 4,4 J

b.  4,4 kJ                          e. 1,5 J

c.  4,5 J

  1. Sebuah bola dengan massa 0,1 kg dilemparkan ke atas dari permukaan tanah dengan kelajuan awal 20 m/s. Apabila gesekan antara permukaan bola dengan udara diabaikan, waktu yang diperlukan bola untuk kembali ke permukaan tanah adalah … (g = 10 m/s2)
a.  5                     d. 2

b.  4                    e. 1

c.  3


Sekian "Contoh Soal dan Jawaban Energi Kinetik dan Potensial" semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung

Salam Manis dan salam persahabatan

1 komentar:

avatar

Ini jawabannya dimana?????


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search